Sabtu, 12 September 2020

Lahirnya Gerakan Pramuka PKBM Daarul Adab Sebagai Media Pembelajaran yang menyenangkan, disiplin dan Tanggungjawab

Oleh: Muhammad Iqbal Nur Hakim (Master Islamic World & Scout, U-Report No ID 46800655, Co. Founder Class Online Scout Indonesia).


 


Catatan Singkat Kebangkitan Pramuka Daarul Adab

Dalam Rangka hari Lahir Lord Baden Powell tanggal 22 Februari. Alhamdulillah gerakan Pramuka dari 7 pangkalan se Kecamatan Sukasari telah resmi dikukuhkan sebagai Pramuka Resmi dan memiliki Nomor Gugus Depan. Salah satunya adalah Pramuka PKBM Daarul Adab. Dimana Pramuka Daarul Adab sejak pertama Daarul Adab ini berdiri hanya sebatas kegiatan-kegiatan seputar pengenalan saja. Hingga pada tahun 2018. Sejak Masuknya Aqil Abdurrahman (Pratama Putra masa Bakti 2019-2020) ke PKBM Daarul Adab membuat pandangan Gerakan Pramuka Daarul Adab harus meng-Upgrade diri agar menjadi lebih baik. Karena selama ini, Pramuka Daarul Adab tidak menyenangkan dan hanya berkutan pada materi itu-itu saja.

Sejak tahun ajaran baru 2018-2019, Sosok yang dikenal dengan Inisial “Bey” belajar dari Aqil selama menjadi anggota pramuka di pesantren dan akhirya mendobrak Pembina Saat itu harus memberikan sebuah penghargaan berupa TKU terlebih yang sudah kelas 8 dan 9. Akhirya berkat Doa dan Usaha Bey ini akhirnya mereka Dilantik dan betapa kagetnya ketika Bey menyadari bahwa kelas 8 sudah Ramu dan kelas 9 sudah Rakit. Sejak saat itulah Bey beserta Pembina saat itu mulai berbenah diri.

Sejak Saat itu, Bey berfokus pada pengisian SKU dan SKK ke kelas 7, 8 dan 9, dibantu sama teman-teman guru lainnya dan sampai akhirnya terbentuknya Regu-regu dan para pinru dan dari sini lahirnya Rapinru (Rapat Pimpinan Regu). Meski akhirnya Pembina saat itu tidak bisa membatu dikarenakan sibuk kesana kemari. Maka si Bey ini tidak patah semangat untuk memberikan yang terbaik meski dengan keterbatasan yang dimiliki, tetapi dengan tekat dan kesungguhan serta mengharap rahmat dan kasih saying dari Allah, maka lahirlah pengurus Inti OSIS yang menjadi penggalang Terap serta pelantikan 5 Pinru ada yang Ramu, Rakit serta sukses mengadakan Kemping Pramuka dan LDKS di PH 50. Kemping pertama kalinya disana dan dilantik Ramu untuk kelas 7, Rakit untuk kelas 8 dan Terap untuk kelas 9. Sejak kemping di PH 50 dengan bantukan semua guru. Si Bey akhirnya mendapatkan gelar/sebutkan oleh Kepala Sekolah, Kesiswaan, dan guru-guru dengan sebutan “Bapa Pramuka Daarul Adab".

Hari berjalan begitu cepat, sosok Bey yang bergelar Bapa Pramuka Daarul Adab ini pun Berusaha untuk terus belajar dan mengembangkan bakat anak-anak didik, mulai Latihan Sandi-sandi, Medis, PBB dan kebencanaan dan lain sebagainya. Terlebih sejak si Bey Mengikuti Pelatihan kebencanaan selama 4 bulan dan menjadi Panitia LT 3 selama 2 tahun. Membuat Bey terus belajar dan berfikir ingin sekali melatih kepercayaan diri dengan mengikuti perlombaan-perlombaan baik OSIS, Pramuka dan lain-lain dengan cara ingin membuat nomor gudep (gugus depan).

Sejak kelas 8 Lulus Diklat Ujian dan dilantik menjadi Penggalang Terap, serta ditambah kehadiran sosok yang sangat paham akan kepramukaan, kebencanaan dan survival (cikal bakal guru bey) akhirnya selalu kompak bagaimana caranya mengembangkan Pramuka Daarul Adab sebagai Syiar Islam serta menjadi Motor penggerak PKBM Daarul Adab. Dengan inilah bey bersama guru bey membuat dan merancang untuk pembuatan gugus depan agar pramuka Daarul Adab menjadi resmi dan legal oleh pemerintah.

Perjuangan pun dimulai sejak Hari terakhir MPLS Pramuka tahun 2019 dengan Sultan murid baru menjadi Penggalang Ramu, Hanif dan Rahma menjadi Penggalang Rakit dan adanya 2 murid baru kelas 9, Zaki menjadi Penggalang Terap, Perbaiki PBB, Pengisian SKU & SKK, menghadiri upacara 17 Agustus, Kemping Besar. Bey dan guru Bey selalu kompak bersama untuk memajukan Pramuak Daarul Adab dibantu oleh guru-guru lainnya. Sampai akhirnya sebelum PAS Bey bersama guru Bey mengajukan proposal ke Pramuka Kwaran Sukasari dan Alhamdulillah tembus sampai ke Kwarcab.

Dengan Doa dan Usaha dari kalangan guru, murid-murid serta orang tua, akhirnya PKBM Daarul Adab mendapat kunjungan sebanyak 3 kali, yang pertama untuk sosialisasi administrasi, yang kedua adalah kunjungan visitas administrasi pramuka & persiapan pelantikan, yang ketiga adalah pemantauan kegiatan pramuka. Setelah kunjungan kwaran ke Daarul Adab, kini tibalah saatnya peresmian Nomor Gugus Depan Daarul Adab dan berkat Rahmat Allah Yang Maha Kuasa, kini Pramuka Daarul Adab menjadi Gerakan Pramuka yang resmi dan legal oleh pemerintah dan memiliki nomor Gugus Depan 01-071 untuk Satuan laki-laki dan 01-072 untuk satuan perempuan.



Harapan Pramuka Daarul Adab Pasca Pelantikan

Pasca pelantikan Gerakan Pramuaka PKBM Daarul Adab ini, bukan akhir dari perjuangan akhir bahagia. Namun, disinilah Pramuka PKBM akan mulai lembaran perjuangan yang baru dengan dengan perjalanan yang panjang serta tantangan yang semakin hari semakin berat. Namun bila Pembina, Pelatih, Pihak Sekolah dan Yayasan serta peranan Orang tua yang mendukung Pramuka ini, Insya Allah akan bisa dilewati sesulit apapun perjuangan yang akan dihadapi kedepan.

Dengan dilantiknya Pramuka PKBM Daarul Adab, maka Kecamatan Sukasari memiliki Gerakan Pramuka yang satusatunya berbasis PKBM. Karena itulah Gerakan Pramuka PKBM Daarul Adab harus bisa memberikan contoh kepada PKBM-PKBM lainnya bahkan sekolah di sekitar Kecamatan Sukasari dari segi Akhlak dan Adabnya baik di sekolah maupun luar sekolah, melatih kepercayaan diri dan disiplin, serta berani berbuat, berani bertanggung jawab sebagaimana dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Selain itu juga para murid dapat berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kepramukaan disekolah yang akan lebih fokus kepada penanggulangan bencana, survival, maupun di luar sekolah. Bisa mengikuti perlombaan-perlombaan, jambore tingkat kecamatan, kota, provinsi dan nasional, bahkan membuat sebuah karya dari hasil pekerjaan para murid untuk bisa dipasarkan.

Meski dalam kondisi Pandemi/Endemi COVID-19 selama 6 bulan ini, si Bey bersama guru si Bey. Terus untuk meng-upgade diri dalam segi Ilmu Pengetahuan Teknologi disertai Iman dan Taqwa. Dan pada masa Endemi ini/3 hari sebelum Idul Fitri. kelas 8, Nayyara dilantik menjadi Penggalang Ramu dan Alea, Anita dan Hubby dilantik menjadi Penggalang Rakit dan 1 minggu setelah Idul Fitri, seluruh pengurus inti Pramuka dan OSIS dilantik menjadi Penggalang Terap.

Alhamdulillah selama Endemi COVID-19 ini juga, si Bey telah Lulus KMD Gerakan Pramuka di Kwarcab Kota Surabaya dan guru Bey telah Lulus KMD dan KML Gerakan Pramuka Kwarcab Kab. Bandung dan keduanya mengambil Gol. Penegak. Dengan lulusnya Bey dan Guru Bey sebagai Pelatihan Pembina, siap untuk membina Pramuka PKBM Daarul Adab dengan konsep “Pramuka Beradab” yang akan ditawrkan ke semua Gerakan Pramuka di Indonesia.


Dibuat tanggal 28 Maret 2020 dan diedit tanggal 13 September 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar