Selasa, 06 November 2012

Siapakah Pahlawan Hari Ini?


Mengenang Para Pahlawan Kita
            
Negara Indonesia yang kita cintai ini tidaklah akan pernah berdiri tanpa jasa-jasa para Pahlawan kita yang setiap harinya berjuang untuk melawan para Penjajah dari Eropa yang dimulai dari Abad 15 Sampai pertengahan Abad 20.
            
Para Pahlawan tersebut adalah Pitung, Pattimura, Tuanku Imam Bonjol, Pangeran Diponoegoro, Pangeran Antasari, Sisimangraja, Teuku Umar, Cut Nyak Dien, Teuku Cit Di Tiro, Teuku Abdul Jalil, KH. Jaenal Mustofa, Supriyadi, Moh. Toha dan lain-lain yang tidak bisa saya sebutkan sampai kepada Bung Karno, Bung Hatta, Jendral Soedirman dan Jendral A.H. Nasution.
            
Mereka semua berjuang selain demi melawan penindasan dari para penjajah Eropa, mereka juga berjuang demi merebut kemerdekaan meskipun nyawa mereka sendiri yang menjadi taruhan. Dan setelah perjuangan panjang yang dilakukan oleh para Pahlawan kita yang harus dibayar dengan ratusan ribu nyawa akhirnya Negara Indonesia Merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 meskipun masih ada pergolakan-pergolakan.

Bagaimana dengan Hari Ini?
            
Setelah 67 tahun Negara kita Merdeka, perjuangan kita sebagai Bangsa Indonesia tidaklah berakhir sepenuhnya, memang Perang kemerdekaan sudah berakhir akan tetapi perjuangan untuk mengisi atau mempertahankan Bangsa Indonesia ini masih terus berlanjut. Tidak selesai pada peperangan saja.

Banyak sekali perjuangan kita sebagai Bangsa Indonesia yang harus kita lakukan dimulai dari memberantas kemiskinan, membasmi para bandit-bandit bardasi (koruptor) dan menagani masalah kejahatan-kejahatan, mencerdaskan kehidupan bangsa (baik melalui pendidikan, alam, social maupun bahasa), menjaga persatuan antar sesama daerah-daerah yang sampai saat ini masih konflik, memerangi para teroris, memperbaiki sistem ekonomi, memperjuangkan nasib kehidupan masyarakat, dan lain sebagainya.

Disitulah kita memerlukan sosok Pahlawan yang dimana kondisi saat ini sesuai dengan ilmu atau profesi kita masing-masing. Oleh karena itu kita tidak bisa diam saja dengan keadaan yang sudah carut-marut ini dan menyalahi keadaan yang sudah terjadi tetapi harus berfikir Apa yang bisa saya atau kita lakukan sekarang?.

Siapakah yang harus disebut PAHLAWAN?
            
Sebagaimana judul tulisan diatas siapa sih pahlawan sejatinya pada hari ini??..... jawabannya sederhana, Kita sendirilah pahlawannya. Tetapi seperti apa pahlawan itu??...... ini banyak sekali. Terjun ke dunia politik atau LSM untuk melakukan perubahan pada Negara dan mengatasi kemiskinankah??..... atau terjun menjadi para penegak hukum untuk memberantas kejahatan n membasmi para koruptorkah??...... atau sebagai para Da’I terjun untuk berdakwah kepada masyarakat mengajak yang makruf mencegah yang munkarkah??...... atau membuat tulisan/buku untuk dimuat ke media/dijual ke toko-toko bukukah??..... atau sebagai guru, mengajari murid-murid disekolah tanpa kenal lelahkah??..... atau sebagai siswa, harus mengenal sosok para pahlawan untuk mengambil contoh yang terbaik untuk diri dan orang lain??..... Atau sebagai mahasiswa, harus menjadi aget of change (Agen Perubahan) untuk memperjuangkan nasib rakyat??...... atau seperti apa pahlawan itu??......
            
Bagi saya pribadi, boleh-boleh saja seperti itu. Karena tujuannya untuk kebaikan buat diri kita dan orang lain            tentunya untuk bangsa dan Negara kita, sebagaimana Al-Qur’an Surat AL-Baqarah Ayat 148 berbunyi:

وَلِكُلٍّۢ وِجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيهَا ۖ فَٱسْتَبِقُوا۟ ٱلْخَيْرَٰتِ ۚ أَيْنَ مَا تَكُونُوا۟ يَأْتِ بِكُمُ ٱللَّهُ جَمِيعًا ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍۢ قَدِيرٌۭ

Artinya: Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Buatlah Sejarah
           
Jadi, Dalam menyambut Hari Pahlawan yang jatuh pada hari Sabtu tanggal 10 November 2012 ini, mari kita buat sejarah kita sendiri sesuai apa yang kita kerjakan hari ini. Baik menjadi seorang Murid, Mahasiswa, Guru/Dosen, Pengusaha, para Penegak Hukum, Penulis/Pembuat Buku, Insinyur, menjadi Tehnokrat, menjadi seorang Da’i/Ulama, Umara (Penguasa) atau menjadi apapun untuk kebaikan bahkan menjadi kepala rumah tangga dan ibu rumah tangga sekalipun.

Bukan karena ingin dianggap seperti super hero, tidak. Diaggap seperti jagoan yang ada di Televisi seperti power ranger, ultraman dan kamen rider, tidak juga. Tapi ini merupakan bagian dari Ibadah yang kita lakukan untuk nusa, bangsa dan agama ini. Jadi kita lakukan semua karena Allah, bukan karena mendapat pujuan seseorang dan jangan sekali-kali menjadi pahlawan kesiangan apalagi sok pahlawan, karena itu akan membuat diri kita manjadi terhina.

Sahabatku, hidup ini adalah sejarahmu, perjuanganmu, pengalamanmu, yang nanti kelak dikemudian hari akan dilihat, didengar, dibaca, bahkan dikenang dan dikirim doa oleh mereka semua yang mengenal dan mengetahui kita. Maka buatlah yang terbaik dalam hidup kita ini.             


                          
             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar